IKLAN
Pengertian iklan
adalah hal yang wajar untuk kita ketahui, karena seiring berkembangnya
jaman semakin maju kita banyak sekali melihat berbagai macam ragam
bentuk dan model iklan, sehingga jangan sampai kita hanya melihat saja
tanpa mengetahui pengertian dari iklan itu sendiri.
Pengertian iklan
juga perlu kita pahami agar kita bisa lebih professional dalam setiap
kita melakukan psang iklan. Dengan mengetahui pengertian iklan maka kita
akan bisa menempatkan iklan pada tempatnya.
Mungkin
anda sudah sering mendengar kata iklan bahkan mungkin sudah bosan sekali
berhubungan dengan yang namanya iklan. Tapi itulah kenyataan yang harus
kita hadapi dalam perkembangan dunia bisnis dan system pemasaran produk
barang atau jasa, karena tanpa bantuan iklan akan kesulitan sekali
dalam melakukan proses manajemen pemasaran demi kelangsungan pemenuhan
kebutuhan dan kepuasan masyarakat. Pengertian iklan sebenarnya bukan hal
yang sulit di pahami dan kita semua bisa mendefinisikan iklan sesuai
keadaan iklan yag kita jumpai berdasarkan pengertian yang kita anggap
itu cocok.
Iklan secara bahasa adalah pariwara atau promosi atau pengenalan produk,informasi barang atau jasa.
Ada banyak sekali pengertian iklan baik di kemukakan oleh orang biasa maupun para ahli, diantaranya pengertian iklan :
Pengertian iklan adalah “
kegiatan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau
jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang
digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah,
internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya”.
Pengertian Iklan juga sering di katakan sebagai sarana untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai.
sedangkan pengertian iklan menurut para Ahli :
Pengertian Iklan Menurut Courtland L. Bovee : ”
Iklan adalah komunikasi nonpersonal informasi biasanya dibayar dan
biasanya persuasif di alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor
diidentifikasi melalui berbagai media.” (Bovee, 1992, hal 7.).
Pengertian Iklan Menurut : Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai
bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal
oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Pengertian Iklan Menurut Rhenald Kasali
(1992:21), secara sederhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang
menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu
media.
Pengertian Iklan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : “berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.”
UKM membutuhkan iklan, karena untuk memudahkan calon konsumen mendapatkan atau mengetahui produk mereka, dan dengan adanya iklan dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga dalam memasarkan produk yang akan di jual. Medianya biasanya melalui website atau media elektronik lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar