Rabu, 18 November 2015

SEGMENTASI PASAR



Perilaku Konsumen , Edisi Kedelapan
SCHIFFMAN       & KANUK
                                                                                                                             
BAB 3
Segmentasi pasar

SEGMENTASI PASAR
Proses membagi pasar potensial menjadi himpunan bagian yang berbeda dari konsumen dan memilih satu atau lebih segmen sebagai target pasar yang akan dicapai dengan marketing mix yang berbeda .

Tiga Fase Strategi Pemasaran
Tahap 1 : Segmentasi Pasar
Tahap 2 : Target Pasar dan Pemasaran Mix Seleksi
Tahap 3 : Produk / Merek Positioning

Tabel 3.1 : Segmentasi Sodexo untuk College usia Pola Makan

·         bintang Gazers
      Cahaya , makanan sehat
      Harga sensitif
      merek sadar
      Bekerja penuh waktu selama musim panas
      Aktif , out- going
      pendapatan keluarga
      > $ 100.000

·         Menyenangkanmengungkapkanberbagai , rasa , dannutrisihargasadar part-time bekerja di musimpanasnilaiwaktuluangpendapatankeluarga $ 30,000 - 60,000 ~

Pelanggansegmentasiterbaik
                  Tinggi                          sahamsaatini                            Rendah
Tinggi                                            HiHighs                                  LowHighs                              
                                          (pukulan)                       (Mengejar)
Konsumsi                         
HiLows                                   LoLows
                                          (Menggelitik)              (Kelaparan)
Rendah

MempelajariSegmentasi
·         Dirancanguntukmemenuhikebutuhandankeinginandarikelompok-kelompoktertentukonsumenuntukmengembangkanproduk-produkkhususuntukmemenuhikebutuhankelompoktertentu (misalnya, Centrum).
·         DirancanguntukmemandureposisiProduk (misalnya, Nintendo).
·         Digunakanuntukmengidentifikasi media paling tepatuntukiklan (misalnya, orang-orang danremaja).


DASAR SEGMENTASI
Segmentasigeografis
Segmentasidemografis
Segmentasipsikologis
Segmentasi psychographic
Segmentasipenerangan
Gunakanberkaitandengansegmentasi
Penggunaan-situasisegmentasi
Segmentasimanfaat
Hibridasegmentasipendekatan

SegmentasipasarTabel 3.2

DASAR SEGMENTASI
SEGMENTASI VARIABLE YANG DI PILIH
SegmentasiGeografis

Wilayah
Barat daya, GunungSerikat, Alaska, Hawaii
Ukuran Kota
Kota-kotakecil, besarwilayah metropolitan, kota
Kepadatan Daerah
Urban, pinggiran, bekas urban, pedesaan
Iklim
Beriklimsedang, panas, lembab, hujan
SegmentasiDemografis

Umur
Dibawah 11, 12-17, 18-34, 35-49, 50-64, 65-74, 75-99, 100 +
JenisKelamin
Laki – laki, Perempuan
Status Perkawinan
Single, menikah, bercerai, hidupbersama-sama, janda
Pendapatan
Di bawah $25.000 $25.000-$34,999, $35.000-$49,999, $50,000-$74,999, $75.000-$99,999, $100.000 danlebih
Pendidikan
Beberapasekolahtinggi, lulus SMA, beberapakuliah, lulusanperguruantinggi, Pascasarjana
Kependudukan
Militerprofesional, kerahbiru, kerahputih, pertanian,


Tabel 3.2, terusan

DASAR SEGMENTASI
SEGMENTASI VARIABLE YANG DI PILIH
Segmentasipsikologis

Kebutuhan – motivasi
Perlindungan, keselamatan, keamanan, kasihsayang, rasa hargadiri
Kepribadian
Introvert, kebaruanpencari, aggressif, dogmatikarendah
Persepsi
Resikorendah,moderatrisiko,berisikotinggi
Belajar-keterlibatan
Rendah-keterlibatan, tinggi-keterlibatan
sikap
Sikappositif, sikapnegatif
Pishografik

Segmentasi (Gaya Hidup)

SegmentasiSosialBudaya
Berpikiranekonomi, sofa kentang, penggemar di luarrumah, status pencari
Budaya
Amerika, Italia, Cina, Meksiko, Perancis, Pakistan
Agama
Katolik, Protestan, Yahudi, Muslim, lainnya
Subkultur (Ras/Etnis)
Afrika-Amerika, Kaukasia, Asia, Hispanik
KelasSosial
Bawah, menengah, Keatas
Siklushidupkeluarga
Bujangan, mudamenikah, penuh nesters, nesters kosong

DASAR SEGMENTASI
SEGMENTASI VARIABLE YANG DI PILIH
Menggunakansegmentasiterkait

Tingkat penggunaan
Beratpengguna, penggunamenengah, cahayapengguna, penggunabebas
Kesadaran status
Menyadari, menyadari, tertarik, antusias
Loyalitasmerek
Tidakada, beberapa, kuat
Gunakansituasisegmentasi

Waktu
Rekreasi, pekerjaan, terburu-buru, pagi, malam
Tujuan
Pribadi, hadiah, MakananRingan, menyenangkan, prestasi
Lokasi
Rumah, pekerjaan, teman di rumah, dalamtoko
Orang
Diri, anggotakeluarga, teman, bos, teman-teman
ManfaatSegmentasi
Kenyamanan, penerimaansosial, tahan lama, ekonomi, nilai-untuk-uang
Segmentasihibrida

Demografis / pishografis
Kombinasidariprofildemografisdan psychographic konsumensegmenprofil
Geodemographics
"Uangdanotak," "Hitamperusahaan," "Tua Yankee baris," "Pusatkota Dixie-Style"
SRI VALSTM
Actualizer, memenuhi orang percaya, achiever, striver, experiencer, pembuat, pejuang
Segmentasigeografis

Pembagianpasarpotensial total kedalam sub-kelompok yang lebihkecilatasdasargeografisvariabel (misalnya, wilayah, negara, ataukota).

SegmentasiGeografis
·         Umur
·         Jeniskelamin
·         Status perkawinan
·         Pendapatan, pendidikandanpendudukan

Umur: Segmentasi oleh usia efek dan efek kohort

·         Tujuh tahap perkembangan hidup (Tabel 3.3)
-          Sementara dewasa
Ø  Menarik akar
-          Pertama dewasa
Ø  Menjangkau,
Pertanyaan -pertanyaan, pertengahan kehidupan ledakan
-          Kedua dewasa
Ø  Menetap, Mellowing, pensiun



·         Status Perkawinan
Rumah tangga sebagai unit memakan
-          Single
-          Bercerai
-          Orangtua tunggal
-          Dual-pendapatan menikah

Segmentasi Pishologikal
·         Motivasi
·         Kepribadian
·         Persepsi
·         Belajar
·         Sikap

Segmentasi geografis Pembagianpasar total potensi menjadi sub kelompok yang lebih kecil atas dasar variable geografis (misalnya, wilayah, negara, ataukota). Segmentasi demografis UsiaSeksStatuspernikahanPenghasilan, Pendidikan, danPekerjaanUmur: SegmentasiolehEfekusiadan Cohort EfekTujuh Development Life Tahapan (Tabel 3.3) KedewasaansementaraMenariksampaiakarKedewasaanpertamaMenjangkau, Pertanyaan / pertanyaan, Mid-hidupledakanKedewasaankeduaMenetapBawah, pelunakan, Pensiun Status pernikahanRumahtanggasebagai unit mengkonsumsi Single Bercerai Orang tuatunggalBerpenghasilangandamenikahSegmentasipsikologisMotivasiKepribadianPersepsiBelajarSikap AIO Psikografis (gayahidup) variabel yang fokuspadakegiatan, minat, danopini. Psikografis (gayahidup) variabel yang fokuspadakegiatan, minat, danopini. SetujuSamasekaliBerselisihSamasekaliPetunjuk: Silakanbacasetiappernyataandanmenempatkan "x" padakotak yang terbaikmenunjukkanseberapakuatAnda "setuju" atau "tidaksetuju" denganpernyataan. Sayamerasabahwahidupsayabergeraklebihcepatdanlebihcepat] kadang-kadangterlalucepat.Jikaakubisamempertimbangkan "plus" dan "minus," Teknologitelahbaikbagisaya.Sayamenemukanbahwasayaharusmenarikdiridari e-mail Mengingatgayahidupsaya, sayamemilikilebihdarikekuranganwaktuaripadauangSayasukamanfaat internet, tapisayaseringtidakmemilikiwaktuuntukmengambilkeuntungandarimerekaTabel 3.7 A Profilhipotetispsikografidari Techno-Road-prajuritMengirimdan / ataumenerima 15 ataulebihpesan e-mail semingguRutinmengunjungisitus Web untukmengumpulkaninformasidan / atauuntukperbandingan took Seringmembelibarang-barangpribadimelaluinomor 800 dan / ataumelalui Internet Mungkinperdagangansahamdan / ataumembuatreservasiperjalananmelalui Internet Menghasilkan $ 100.000 ataulebih per tahun


Description: Description: Schiffman_CH03_01_0001

Gambar 3.1 Centrum Target Lifestyle

SegmentasisosiokulturalSiklusKehidupanKeluargaKelas social Budaya, Subkultur, dan Cross-budayaSiklusKehidupanKeluargaFasekeluargaberjalanmelaluipembentukan, pertumbuhan, danpembubaranterakhirmerekaKesarjanaanMadu Parenthood Post-orangtuaPembubaranSecaraeksplisit: status perkawinan, status keluargaSecaraimplisit: usia, pendapatan, pekerjaanGunakan-TerkaitSegmentasi Tingkat PenggunaanBeratvsCahaya Status kesadaranSadarvsTidakmenyadariLoyalitasmerekMerek Loyal vsmerekPengalihGunakan-TerkaitSegmentasi Tingkat PenggunaanBeratvsCahaya Status kesadaran Sadar vs Tidak menyadari Loyalitas merek Merek Loyal vs merek.

PengalihGambar 3.2 BerusahaMembuatKesadaran  Dan Bunga
Description: Description: Schiffman_CH03_18_0001
Penggunaan-Situasi Segmentasi Segmentasi atas dasar kesempatan atau situasikhususContohLaporan: Setiap kali putri kami, Jamie, mendapatkenaikangaji, kitaselalumengajaknyakeluaruntukmakanmalam. Ketikasayapergiuntukurusanbisnis, sayamencobauntuktinggal di sebuah hotel suite.SayaselalumembelibungaistrisayapadaHari Valentine.Gambar 3.3?IklanDirancanguntukEja Out, imbalanloyalitaskonsumen.
Description: Description: Schiffman_CH03_19_0001
Gambar 3.4 kesempatantertentu
Description: Description: Schiffman_CH03_20_0001
Manfaat segmentasi  Segmentasi atas dasar manfaat yang paling penting dan bermakna
Prudential - keamanan finansial
Iomega - perlindungan data
Wheaties - kesehatan yang baik
Eclipse - nafas segar
Menawarkan Iklan? Manfaat Gabungan
Pendekatan Segmentasi Hybrid
Profil psikografis-Demografi
Segmentasi geodemographic
SRI Consulting Nilai dan Gaya Hidup Sistem (VALSTM
Tabel 3.8 Profil Demografis-psikografi Berita minggu


Jumlah pembaca dewasa 19593000
pria
Profesional / Manajer
usia 35-49
Pendapatan rumah tangga> $ 100.000
menikah
Laptop PC sendiri
Menghabiskan $ 3.000 + berlibur tahun lalu




Tabel 3.9 Internet demografi-psikografis Styles Belanja
E-bivalen Pemula
Materialis waktu-Sensitif
Klik & Mortar
Hooked, Online, & Single
Hunter-Pengumpul
Loyalis merek
Gambar 3.6? Penargetan? Sebuah? Gaya Hidup Aktif
Tabel 3.10 Contoh Claritas geodemographic Cluster
Blue Blood Estates
0,8% rumah tangga AS
profesional
Elite super kaya
Lulusan Universitas
35-44, 45-54, 55-64
Anggota klub negara, telepon saling sendiri, bermain golf
muda Influentials
1,1% rumah tangga AS
profesional
Lulusan Universitas
Di bawah 24, 25-34
Yuppies, minum bir impor, membaca majalah mode


Dasar pikiran Segmentasi
Tabel 3.12 Delapan Segmen Utama Mindbase
Dan Pendatang
materialis muda
Ditekankan oleh Hidup
Tradisionalis baru
keluarga Terbatas
Introvert terpisah
Renaissance Sesepuh
Pensiun dari kehidupan
Kriteria Untuk Target Efektif Segmen Pasar
identifikasi
kecukupan
stabilitas
aksesibilitas




1 komentar:

  1. CASINO SESSION TO HOPEN TO PLAY MEGA MEGA
    of SESSION TO HOPEN TO PLAY 전라북도 출장샵 MEGA MEGA 광주 출장마사지 GAMES 군산 출장안마 & 부산광역 출장마사지 GAMES SESSION TO HOPEN TO 울산광역 출장마사지 PLAY MEGA MEGA GAMES & GAMES.

    BalasHapus